Skip to main content

BERSYUKURLAH ( MANFAAT SINAR MATAHARI )

A. Manfaat sinar matahari

Matahari yang setiap hari bersinar tidak hanya menerangi kehidupan kita saja, tetapi banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat sinar matahari bagi tubuh kta antara lain :

1. Vitamin D
Sejumlah besar simpanan kolesterol Anda terdapat di bawah kulit. Pada waktu berkas sinar ultraviolet disaring di kulit, ia mengubah simpanan kolesterol ini menjadi vitamin D. Menghadapkan sebagian dari tubuh ke sinar matahari selama 5 menit memberikan 400 IU (international unit) vitamin D. Anda membutuhkan 400 IU perhari menurut peraturan RDA (Recommended Dietary Allowances) di AS.

2. Sinar Matahari Mengurangi Kolesterol Darah

Dengan mengubah kolesterol di bawah kulit menjadi vitamin D, tubuh Anda akan memberikan peringatan kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit sehingga mengurangi kolesterol dalam darah.

3. Sinar Matahari Mengurangi Gula Darah

Cahaya matahari mampu berperan sebagai insulin yang memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Ini merangsang tubuh untuk mengubah gula darah (glukosa) menjadi gula yang tersimpan (glikogen) yang tersimpan di hati dan otot, sehingga menurunkan gula darah.


4. Sinar Matahari Adalah Penawar Infeksi dan Pembunuh Bakteri

Matahari sanggup membunuh bakteri penyakit, virus dan jamur. Itu berguna untuk perawatan tuberkulosis (TBC), erisipelas, keracunan darah, peritonitis, pnemonia, mumps, asma saluran pernafasan. Bahkan beberapa dari virus penyebab kanker dibinasakan oleh sinar ultraviolet. Infeksi jamur, termasuk candida, bereaksi terhadap sinar matahari. Beberapa jenis bakteri di udara dibinasakan dalam 10 menit oleh sinar ultraviolet.
Seorang ilmuwan menutup setengah dari piring batu yang dipenuhi dengan bakteri - setengah lainnya disinari matahari secara langsung. Bagian piring yang tertutup tetap dipenuhi bakteri, tetapi tidak ada yang tumbuh di setengah piring yang terbakar sinar matahari. Semua bakteri telah terbunuh. Jika Anda membuka lebar tirai dan jendela rumah agar sinar matahari masuk ke ruangan, maka setelah satu jangka waktu sinar matahari ini akan membunuh bakteri yang berada di debu jendela dan lantai, sehingga membuat rumah Anda menjadi tempat yang lebih sehat untuk didiami.

5. Sinar Matahari Meningkatkan Kebugaran dan Kualitas Pernafasan

Sinar matahari bisa meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan. Ini berarti banyak oksigen tersedia untuk dibawa ke otot sewaktu Anda berolahraga. Faktor lain yang bisa membantu meningkatkan volume nafas ialah bahwa glikogen bertambah di hati dan otot setelah berjemur matahari.

6. Sinar Matahari Membantu Membentuk dan Memperbaiki Tulang

Dengan bertambahnya tingkat vitamin D dalam tubuh Anda karena paparan sinar matahari, kemampuan penyerapan kalsium akan meningkat. Ini menolong pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit seperti rakitis dan osteomalacia (pelembutan tulang tidak normal).

7. Sinar Matahari Meningkatkan Beberapa Jenis Kekebalan
Sinar matahari menambah sel darah putih terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Antibodi (gamma globulins) Anda akan bertambah. Sepuluh menit di.bawah sinar ultraviolet satu atau dua kali setiap minggu mengurangi potensi terserang flu antara 30 sampai 40 persen.

Comments

Popular posts from this blog

PENDIDIKAN KARAKTER YANG BERBASIS TEKNOLOGI

PENDIDIKAN YANG BERBASIS TEKNOLOGI

Suatu hal yang luar biasa saya dapatkan ketika saya megikuti acara seminar nasional "Implementasi kurikulum 2013" di Universitas Ahmad Dahlan yogyakarta,
Dari luar ketika saya hendak memasuki ruang setelah menyatap beberapa hidangan, terdengar suara yang mengebu-gebu dari dalam ruang seminar. saya pun segera masuk dengan rasa penasran yang tinggi.
Baru saja duduk saya melihat video pendidikan di jepang yang diputarkan di slide, lagi2 kata luar biasa yang terucap dalam hati saya,,walaupun sudah lama saya mendengar bahwa pendidikan jepang memang dibuat dengan kurikulum yang mengembangkan potensi siswa dengan pengelolaan kurikulum dilakukan oleh masing2 daerah tetapi tetap merujuk kepada kurikulum nasional.
saya bertanya2 siapa gerangan bapak ini yang begitu aktif berbicara dengan berjalan dengan interaksi yang amat baik dengan semua audience, inilah bapak Imam Robandi seorang dosen dari ITS yang saya sebut ahli dalam segala bidang, bidang pen…