Tuesday, 2 July 2013

MANFAAT GERAKAN SOLAT ( BELAJAR ILMU FISIKA LEBIH MENGUATKAN IMANKU)

TAHUKAH ANDA TENTANG MANFAAT GERAKAN SHOLAT?

Sedikit berbagi mengenai manfaat dari sebuah gerakan solat yang saya dapat dari beberapa buku dan baca2 di internet,,sebagian juga saya upload di dalam group Forum Diskusi Mahasiswa Fisika,,

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi temen2 semau,,"Selamat Membaca"

a. Berdiri lurus

Berdiri lurus adalah pelurusan tulang belakang, dan menjadi awal dari sebuah latihan pernapasan, pencernaan dan tulang.

b. Takbir

Takbir merupakan latihan awal pernapasan, Paru-paru adalah alat pernapasan, Paru kita terlindung dalam rongga dada yang tersusun dari tulang iga yang melengkung dan tulang belakang yang mencembung. Susunan ini didukung oleh dua jenis otot yaitu yang menjauhkan lengan dari dada (abductor) dan mendekatkannya (adductor). Takbir berarti kegiatan mengangkat lengan dan merenggangkannya, hingga rongga dada mengembang seperti halnya paru-paru. Dan mengangkat tangan berarti meregangnya otot-otot bahu hingga aliran darah yang membawa oksigen menjadi lancar.

c. Ruku

Dengan ruku’, memperlancar aliran darah dan getah bening ke leher oleh karena sejajarnya letak bahu dengan leher. Aliran akan semakin lancar bila ruku’ dilakukan dengan benar yaitu meletakkan perut dan dada lebih tinggi daripada leher. Ruku’ juga mengempiskan pernapasan. Pelurusan tulang belakang pada saat ruku’ berarti mencegah terjadinya pengapuran. Selain itu, ruku’ adalah latihan kemih (buang air kecil) untuk mencegah keluhan prostat. Pelurusan tulang belakang akan mengempiskan ginjal. Sedangkan penekanan kandung kemih oleh tulang belakang dan tulang kemaluan akan melancarkan kemih. Getah bening (limfe) fungsi utamanya adalah menyaring dan menumpas kuman penyakit yang berkeliaran di dalam darah.

d. Sujud

Sujud Mencegah Wasir, mengalirkan getah bening dari tungkai perut dan dada ke leher karena lebih tinggi. Dan meletakkan tangan sejajar dengan bahu ataupun telinga, memompa getah bening ketiak ke leher. Selain itu, sujud melancarkan peredaran darah hingga dapat mencegah wasir. Sujud dengan cepat tidak bermanfaat. Ia tidak mengalirkan getah bening dan tidak melatih tulang belakang dan otot. Tak heran kalau ada di sebagian sahabat Rasul menceritakan bahwa Rasulullah sering lama dalam bersujud. Selain itu sujud adalah manifestasi ketotalan kita dalam berpasrah diri kepada Allah, bahwa manusia adalah mahluk yang lemah, seorang hamba yang sudah bisa menikmati sholatnya, maka jiwanya dalam titik nol, dalam kondisi yang paling pasrah dan stabil, seseorang yang dilanda stres akan terlepas segala beban di jiwa dalam posisi ini.selain secara fisik otot2 leher yang kaku karena stres akan diulur, sehingga seorang hamba yang beriman dan pandai memaknai sholatnya tidak akan pernah dilanda keputusasaan (Stress)

e. Duduk antara 2 sujud

Duduk di antara dua sujud dapat mengaktifkan kelenjar keringat karena bertemunya lipatan paha dan betis sehingga dapat mencegah terjadinya pengapuran. Pembuluh darah balik di atas pangkal kaki jadi tertekan sehingga darah akan memenuhi seluruh telapak kaki mulai dari mata kaki sehingga pembuluh darah di pangkal kaki mengembang. Gerakan ini menjaga supaya kaki dapat secara optimal menopang tubuh kita.

f. Salam

Gerakan salam yang merupakan penutup sholat, dengan memalingkan wajah ke kanan dan ke kiri bermanfaat untuk menjaga kelenturan urat leher. Gerakan ini juga akan mempercepat aliran getah bening di leher ke jantung.

Sunday, 30 June 2013

PENDIDIKAN KARAKTER YANG BERBASIS TEKNOLOGI


PENDIDIKAN YANG BERBASIS TEKNOLOGI

Suatu hal yang luar biasa saya dapatkan ketika saya megikuti acara seminar nasional "Implementasi kurikulum 2013" di Universitas Ahmad Dahlan yogyakarta,

Dari luar ketika saya hendak memasuki ruang setelah menyatap beberapa hidangan, terdengar suara yang mengebu-gebu dari dalam ruang seminar. saya pun segera masuk dengan rasa penasran yang tinggi.

Baru saja duduk saya melihat video pendidikan di jepang yang diputarkan di slide, lagi2 kata luar biasa yang terucap dalam hati saya,,walaupun sudah lama saya mendengar bahwa pendidikan jepang memang dibuat dengan kurikulum yang mengembangkan potensi siswa dengan pengelolaan kurikulum dilakukan oleh masing2 daerah tetapi tetap merujuk kepada kurikulum nasional.

saya bertanya2 siapa gerangan bapak ini yang begitu aktif berbicara dengan berjalan dengan interaksi yang amat baik dengan semua audience, inilah bapak Imam Robandi seorang dosen dari ITS yang saya sebut ahli dalam segala bidang, bidang pendidikan ok, teknologi ok. keagamaan ok,

beliau belum lama berbicara sudah mulai mengkritik acara dengan menyebut " pemasangan kabel yang semrawut, LCD yang berubah-ubah warnanya , kami audience pun sontak tertawa bersama2, kemudian beliau juga membagikan majalah pendidikan yang beliau tulis dan terbitkan setiap minggunya,,hem gratis juga,hehehe

beberapa hal yang saya tangkap dari pembicaraan beliau :
  1. Pendidikan seharusnya mengutamakan potensi dan karakter apa yang dimiliki seorang siswa bukan menyetarakan potensi siswa, misalnya siswa yang memiliki potensi di bidang tertentu, maka potensi tersebut yang seharusnya dikembangkan bukan malah menuntut potensi lainnya yang bukan bidangnya. sebagai contoh seorang siswa yang gemar bermain bola maka kembangkan dengan baik, di posisi mana dia seharusnya ,peyerang, gelandang , kipper atau beck,, beliau selalu mencontohkan neymar,(hehe bahkan gaji seorang menteri di negara kita kalah dengan neymar)
  2. Pendidikan harus didukung dengan fasilitas yang mumpuni, sekalipun kita ngak bisa membuat alat teknologi ya minimal kita bisa merawatnya. pendidikan yang ditopang dengan teknologi yang mumpuni mampu membuat siswa tentunya merasa nyaman ketika mereka belajar disekolah.
  3. Pendidikan harus membina karakter yang baik di dalam diri siswa. oleh bapak Imam Robandi dicontohkan bahwa ketika di jepang, seorang siswa jepang kita memulai belajar mereka membersihkan ruang kelasnya dan mereka selalu mengepel lantainya bersama2, seusai belajar siswa wajib merapikan tempat duduknya, mematikan lampu, menata kursi, (BAHKAN SESUATU YANG LUAR BIASA SAYA KATAKAN "SISWA DI JEPANG TIDAK BISA NAIK KELAS JIKA TIDAK MENARUH SEPATUNYA DI DALAM RAK SEPATU") berbeda dengan negara kita tidak bisa naik kelas jika tidak bisa mengerjakan soal matematikan.
  4. Pendidikan yang baik, bukan membuat siswa merasa terancam dengan mempreasure siswa terus menerus (seperti penjara), guru sebaiknya juga mempu berkoomunikasi dengan baik terhadap siswanya.
  5. Seorang Pendidik harus selalu UP To Date terhadap perkembangan teknologi alias "jangan GAPTEK".selain update terhadap perkembangan teknologi guru juga harus senantiasi update dengan informasi terbaru dalam kehiduoan sehingga kita bisa mengarah siswa kiita untuk bagaimana menyikapi setiap informasi baru yang mereka terima.
  6. Guru Fisika tidak harus selalu mengajarkan ilmu fisika, guru Matematika tidak harus mengajarkan Matematika, banyak hal lain yang terselip di dalamnya, Seperti yang pernah saya bahas dalam forum group facebook IGI, mengajarkan ilmu matematika dan fisika lebih membuat siswa tertarik jika disajikan dalam bentuk fakta alam yang nyata, bisa gambar, video, atau lebih baik juga langsung dengan mata dan kepala.(tergantung pada gurunya masing2) akan disampaikan seperti apa? Tapi yang pasti kita memasukan berbagai karakter pendukung dalam belajar ilmu alam, bahkan ilmu agama pun ada di dalamnya.
Kita memang butuh perubahan yang lebih untuk pendidikan di negara kita ini, sekalipun kurikulum sering berubah, tapi kita tetap mampu untuk mengarahkan siswa menjadi lebih baik dengan cara yang benar yaitu kembangka potensi/ skill siswa, kenali apa potensi mereka, jangan terlalu dibuat pusing dengan perubahan kurikulum ("Seperti pribahasa yang disamapikan bapak Imam rohandi""Biarkan pemerintahkan Meyiapkan nasi untuk dimakan tapi lauknya kita siapkan sendiri," karena kita yang lebih dekat dengan siswa, dan kita yang lebih mengenal siswa"

Terima kasih
wassalamualaikum, Wr. Wb